KENAPA HARUS BELAJAR BAHASA INGGRIS

Posted: 29 Maret 2013 in Tak Berkategori

 

Bahasa Inggris memang telah menjadi alat komunikasi yang mendominasi segala bidang, mulai dari teknologi, pendidikan, politik, perdagangan, dan lain sebagainya. Bahkan semua manual book piranti elektronik yang kita miliki di rumah pasti berbahasa Inggris, meskipun medium of instruction berbahasa Indonesia juga di sisipkan di dalamnya.

Bahkan suka tidak suka bahasa Inggris juga dipilih sebagai bahasa ke dua di beberapa negara Asia, sebut saja Filipina, Singapura, dan Malaysia. Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi yang paling sering. Lantas apakah masih pantas kalau kita tidak bisa berbahasa Inggris sama sekali, mengingat English is a global ‘Lingua Franca’?

Sayangnya masih banyak orang yang enggan belajar bahasa Inggris karena merasa terlalu tua untuk dapat menguasai bahasa Inggris. namun tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar dan ilmu pengetahuan, benar bukan?

Untuk bisa menguasai tata bahasa Inggris dengan baik, tentunya kita perlu memperbanyak kosakata bahasa Inggris yang memang menjadi modal utama dalam mempelajari bahasa ini.

Mempelajari kosakata bukanlah hal yang sulit. Siapa saja bisa mempelajarinya dengan cepat asalkan setelah dipelajari, kosakata harus digunakan sesering mungkin. Kosakata sebaiknya memang diperkenalkan atau diajarkan sejak anak usia dini. Namun seiring dengan berjalannya waktu, asalkan rajin kosa kata bahasa Inggris kita pun akan bertambah.

Bahasa Inggris merupakan elemen penting yang harus kita pelajari dengan serius dewasa ini. Mungkin anda mengatakan bahwa, saya tidak suka bahasa Inggris, saya tidak sedang bekerja di bidang bahasa Inggris, atau kegiatan saya tidak ada hubungannya dengan bahasa Inggris. Mungkin ada seribu alasan yang membuat anda menunda untuk mempelajari bahasa Internasional ini. Padahal, berbagai manfaat baik secara langsung ataupun tidak, dapat kita temukan ketika menguasai bahasa Inggris.

Satu hal yang mungkin bisa anda renungkan bahwa, belajar bahasa Inggris itu merupakan kebutuhan di sebuah dunia modern. Kita memang masih bisa hidup tanpa bahasa Inggris, namun ada banyak manfaat yang membuat hidup kita jauh lebih baik jika kita belajar bahasa Inggris dengan serius dan kemudian menguasainya. Kalau alasan singkat tersebut tidak cukup menggugah pikiran anda, saya ingin membagi 9 alasan kenapa anda harus belajar bahasa ini secara serius.

Alasan kenapa harus belajar bahasa inggris

1. Demi meningkatkan pemahaman secara global

Bahasa Inggris ialah bahasa dunia. bila anda telah pandai bahasa inggris secara benar, maka anda berpeluang demi bisa memahami kondisi global saat ini. Paling tidak, anda telah mengerti dengan berbagai istilah asing maupun bisa meng-eksplorasi kondisi dan pemahaman yang berlaku secara global.

2. Demi meningkatkan potensi kerja

Tidak bisa dipungkiri, kebisaan bahasa Inggris mutlak diperlukan demi menunjang karier bagi para karyawan maupun bagi para pencari kerja yang sedang dalam tahap mencari kerja. terlebih demi beberapa perusahaan multinasional, kebisaan bahasa inggris anda akan langsung di uji pada tahap akhir sesi wawancara.

3. Demi meningkatkan kebisaan bahasa kita sendiri

Johann Wolfgang von Goethe pernah berkata: “Those who know nothing of foreign languages, knows nothing of their own.” Kebisaan berbahasa manusia sungguh tidak terbatas, karena pada dasarnya bahasa ialah cara/alat demi berkomunikasi. Sesampai pada orang-orang yang mempunyai kebisaan bahasa asing yang mumpuni, biasanya juga sangat piawai berkomunikasi dengan bahasanya sendiri.

4. Demi mengasah kognitifitas dan keterampilan dalam hidup

Bagaimanapun juga ketrampilan bahasa ialah skill yang diperlukan setiap manusia. Kebutuhan bersosialisasi dan memahami perilaku manusia ialah sebab kenapa setiap orang butuh mempelajari kebisaan berbahasa dengan baik dan benar.

5. Demi meningkatkan peluang masuk ke perguruan tinggi

Untuk para pelajar yang ingin meneruskan ke perguruan tinggi favorit, maka mutlak diperlukan skill dan knowledge bahasa inggris yang baik.

6. Demi memembuat perjalanan lebih layak dan menyenangkan

Anda punya rencana ke luar negeri? Maka jangan ditunda lagi demi mulai belajar bahasa inggris dari sekarang. Jangan sampai anda mengalami kesukaran karena anda tidak mempunyai kebisaan berbahasa Inggris sama sekali.

7. Demi memperluas pilihan studi keluar negeri

Anda ingin berkuliah atau meneruskan kuliah anda di luar negeri? Belajarlah bahasa inggris mulai sekarang. Karena takkan ada yang tahu ketika kesempatan itu datang, maka anda telah siap demi menjalaninya.

8. Demi meningkatkan value anda dan supaya anda lebih dihormati

Dengan pandai bahasa inggris anda akan lebih dihormati di dalam lingkup sosial anda, karena tidak semua orang bisa pandai bahasa ini. Dan ketika anda maju demi membuktikan kebisaan anda, maka anda akan satu tingkat di atas orang rata-rata.

9. Demi menjalin persahabatan maupun membangun jaringan Internasional

Anda telah pandai melakukan percakapan dalam bahasa inggris? atau anda telah jago menulis dengan bahasa inggris? Maka pakai kebisaan itu demi mencari teman dari belahan dunia mana saja (ingatlah bahwa bahasa inggris ialah bahasa dunia) ataupun membangun kerjasama dan jaringan bisnis Internasional anda.

Sebenarnya masih banyak lagi sebab dan manfaat yang bisa anda petik bila anda telah bisa pandai bahasa inggris. Dan tak ada sebab demi anda menunda-nunda. Ada banyak sumber pelajaran yang bisa anda pakai demi belajar dari yang gratis maupun berbayar. Bila anda sangat sibuk dan tidak punya waktu, anda masih bisa belajar secara on-line. Cukup dengan bermodalkan komputer/PC dan koneksi Internet, maka anda telah bisa kursus bahasa inggris secara on-line.

 

sumber :exitren.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s