MANAJEMEN (kalangan mahasiswa)

Posted: 1 April 2012 in Tak Berkategori

MANAJEMEN

Ilmu manajemen sebetulnya sama usia nya dengan kehidupan manusia, karna pada dasar nya manusia dalam kehidupan sehari-harinya tidak bisa terlepas dari prinsip-prinsip manajemen. Baik itu yang langsung maupun tidak langsung, baik yang disadari maupun yang tidak disadari. Ilmu manjemen ilmiah timbul pada sekitar awal abad 20an di benua Eropa dan Amerika. Dimana di negara-negara tersebut sedang dilanda revolusi yang dikenal dengan nama revolusi industri, yaitu perubahan-perubahan dalam pengelolaan produksi yang efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah semakin maju dan kebutuhan manusia sudah semakin banyak dan seragam jenisnya.

Definisi Manajemen

Dalam mengartikan dan mendefinisikan manajemej ada berbagai ragam, ada yang mengartikan dengan ketatalaksanaan manajemen, manajemen pengurusan dan lain sebagaimana. Bila dilihat dari literatur-literatur yang ada, pengertian manjemen dapat dilihat dari tiga pengertian :

  1. Manajemen sebagai suatu proses.

Melihat bagaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

  1. Manajemen sebagai suatu kolektifitas manusia.

Yaitu merupakan kumpulan dari orang-orang yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas atau kumpulan orang-orang inilah yang disebut dengan manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksannya suatu tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen disebut manajer.

  1. Manajemen sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art).

Melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip manajemen.

Tingkatan Manajemen Dan Manajer

Manajemen digunakan dalam segala bentuk kegiatan baik kegiatan profesi maupun nonprofesi, baik organisasi pemerintah maupun swasta, maka manajer dapat diklasifikasikan dalam dua cara yaitu tingkatan dalam organisasi dan lingkup kegiatan yang dilakukan.

Bila dilihat dari tingkatan dalam organisasi, manajemen dibagi menjadi tiga golongan yang berbeda, yaitu :

  1. Manajemen lini

Atau manajemen tingkat pertama, yaitu tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi, dimana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain, misalnya, mandor atau pengawas produksi dalam pabrik dan sebagainya.

  1. Manajemen tengah

Yaitu mencakup lebih dari satu tingkatan didalam organisasi. Manajer menengah mengarahkan kegiatan manajer lain, juga mengarahkan keegiatan-kegiatan yang melaksanakan kebijakan-kebijakan organisasi. Contohnya kepala bagian yang membawahi kepala seksi, dan lain sebagainya.

  1. Manajemen puncak

terdiri dari atas kelompok yang relatif kecil, yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi. Mereka menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing hubungan organisasi dengan lingkungannya. Sebutan khas untuk manajemen puncak ini adalah Chief Executive Officer (CEO/Direktur Utama), Presiden dan Senior Vicepresident.

Menurut lingkungan kegiatannya manajer dibagi menjadi dua yaitu Manajer Fungsional dan Manajer Umum. Manajer fungsional bertanggung jawab pada satu kegiatan organisasi, seperti produksi, pemasaran, keuangan dan lain sebagainya yang dipusatkan oleh kesamaan tugas. Manajer umum membawahi unit yang lebih rumit, misalnya sebuah perusahaan cabang atau bagian operasional yang independen yang bertanggung jawab atas semua kegiatan unit.

Fungsi-fungsi manajemen

Manajemen dapat berarti pencapaian tujuan melalui pelaksanaan fungsi tertentu, tapi belum ada konsensus dan kesepakatan apa yang menjadi fungsi-fungsi manajemen. Berikut adalah fungsi manajemen menururt beberepa penulis, diantara nya:

  1. Ernest Dale                 : Planning, Organizing, Staffing, Directing, Innovating,                                                                        Representing dan Controlling.
  2. Oey Liang Lee                        : Planning, Organizing, Directing, Coordinating dan Controlling.
  3. James Stoner               : Planning, Organizing, Leading dan Controlling.
  4. Henry Fayol                : Planning, Organizing, Comanding, Coordinating dan Controlling.
  5. Kontz dan O’donnel   : Organizing, Staffing, Directing, Planning dan Controlling.

Bila dilihat dari proses pelaksanaan kegiatan manajemen, maka fungsi manajemen yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Penyusunan, Pengarahan dan Pengawasan, inilah fungsi-fungsi manajemen dalam perusahaan.

 

sumber referensi

http://elyzabet.lecturer.maranatha.edu/wp-content/uploads/2012/01/sample.pdf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s