Koperasi

Posted: 11 Januari 2011 in Tak Berkategori

Koperasi yang lahir pertama di Inggris (1844) berusaha mengatasi masalah keperluan konsumsi para anggotanya dengan cara kebersamaan yang dilandasi atas dasar prinsip-prinsip keadilan yang selanjutnya menelorkan prinsip-prinsip keadilan yang dikenal dengan “Rochdale Principles”. Dalam waktu yang hampir bersamaan di Prancis lahir koperasi yang bergerak di bidang produksi dan di Jerman lahir koperasi yang bergerak di bidang simpan-pinjam. Sejalan dengan pengertian asal kata koperasi dari “Co” dan “Operation” mempunyai arti bersama-sama bekerja.

Di Indonesia sendiri koperasi sangat berperan penting dalam pengembangan perekonomian dinegara ini. Karena oleh masyarakat Indonesia Koperasi merupakan salah satu alternatif terbaik untuk meningkatkan kehidupan mereka khusus nya untuk memperoleh pinjaman dengan bunga yang ringan untuk mengembangkan usaha dan bisnis yang akan dan sedang dijalani oleh mereka. Karena itulah banyak sekali koperasi-koperasi baru yang didirikan karena koperasi tersebut snagat dibutuhkan oleh semua orang dan kalangan yang memanfaatkan koperasi.

Untuk saat ini koperasi sangat penting terutama untuk memajukan daerah-daerah yang jauh dari kota besar sepeerti pada daerah pedesaan dan pesisir pantai karena sebenarnya dari sanalah roda perekonomian negara ini dimulai mengingat latar belakang negara ini adalah negara agraris dan merupakan negara maritim terbesar juga maka sangatlah penting kehadiran koperasi berada ditengah-tengah mereka.

Kemajuan perkembangan koperasi yang sangat cepat ini pulalah yang membuat perekonomian negara ini menjadi yang terbaik se-Asia Pasifik di penghujung tahun ini, itulah bukti bahwa koperasi sangat penting perannya untuk saat ini dan masa yang akan datang.

Dan dimasa yang akan datangpun diharapkan Pemerintah dapat meningkatkan kinerjanya untuk mengembangkan koperasi mengingat pentingnya peran koperasi pada perkembangan perekonomian negara ini. Dan semoga saja negera ini bisa berkembang menjadi negara yang besar dan maju perekonomiannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s